WWDC 15

Beberapa hari yang lalu Apple menggelar event WWDC. Event ini adalah event Apple untuk memperkenalkan teknologi, produk dan semua hal yang baru kepada orang-orang. Yang bisa menghadiri event ini hanya para developer, jadi bukan untuk publik. Dan harga tiket untuk masuk event ini pun cukup mahal, yaitu sekitar 1500 USD kalo tidak salah.

Pergelaran event seperti ini cukup membuat masyarakat impress & penasaran. Teknik marketing yang cukup bagus sebetulnya untuk mem-boost launching produk baru. Dibanding kompetitor sejenis, misalnya Windows atau Android ketika mereka akan melaunching teknologi atau pun produk baru tidak ada hal seperti ini, padahal semua produknya itu serupa sebagaimana halnya Apple. Windows maupun Android sih akan biasa-biasa saja ketika mereka akan update, padahal jika diteliti banyak produk mereka yang bahkan sudah selangkah didepan Apple. Tapi sekali lagi, Windows maupun Android tidak melakukan hal yang impressif seperti event WWDC ini. Tapi belakangan ini, Andoid menggelar event serupa ya? Mulai sejak update Lollipop kalo tidak salah.

Untuk yang menyaksikan event ini baik dari streaming ataupun ringiasan berita, bisa lihat dari keynote yang ditampilkan oleh Tim Cook. Grafik update pengguna untuk update dari Maverick ke Yosemite mencapai 80% sedangkan user Windows untuk update ke Windows 8 tidak mencapai 7%. Begitupun smartphone, update untuk ke iOS 8 lebih banyak dibanding Lollipop untuk masing-masing pengguna device tersebut. Ini menunjukan bahwa teknik marketing seperti WWDC ini cukup membuat penasaran user sekaligus bisa meyakinkan orang-orang untuk segera update ke teknologi dan produk baru. Hasil akhirnya adalah, produk yang diluncurkan bisa laku keras, selain alasan karena produk Apple yang terkenal bagus.

Dan jujur, event WWDC ini juga cukup membuat saya envy😦. Semoga one day saya bisa benar-benar kesana.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s