Damn you, skripsi!!

Ini yang kedua kalinya saya ganti judul skripsi. Ah sial, perhitungan saya salah ternyata. Saat pengajuan RMUP judul saya udah mantep banget dengan perhitungan yang pas, eh ternyata setelah dicari-cari lagi sudah ada judul yang serupa, otomatis saya g=harus mengganti judul skripsi saya itu. Saran dari dari dosen pembimbing saya pilih saya untuk mengganti antara 3, yaitu ikan, tempat penelitian atau satelitnya. Saya ganti saja ikannya. Oh iya, sebelumnya saya ini mahasiswa jurusan perikanan ya.. hehe..


Ganti ikan dengan yang asalnya ikan kembung, menjadi ikan cakalang, hmm… terdengarnya sih ini bisa dan tidak ada masalah. Oke, setelah bimbingan dengan dosen dan akhirnya mantap untuk mencari data penelitiannya, eh ternyata data ikan cakalang di laut jawa ternyata tidak ada. Damn! Ini kesalahan saya, saya tidak memperhitungkan ini. Penelitian saya bertempat di Laut Jawa yang menurut Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) Laut Jawa adalah Wilayah Pengelolaan Perikanan (WPP) 712. Komoditas WPP 712 adalah ikan pelagis kecil, sedangkan ikan cakalang adalah ikan pelagis besar. Sudah tentu tidak akan ada datanya. Ah! pencerahan ini saya dapatkan dari salah satu dosen penangkapan di fakultas saya. Judul RMUP yang awal itu tentang ikan kembung dan itu termasuk ikan pelagis kecil, harusnya kalau mau merubah ya tetap di ikan pelagis kecil bukannya merubah ke ikan pelagis besar.

Ini masalah buat gue. But, no problem. Saya susun lagi skripsi saya, gak apa-apalah toh nantinya saya akan semakin mengerti dan semakin matang tentang skripsi saya ini. Sampai saya menulis postingan ini, kira-kira saya sudah menghabiskan waktu sekitar 36 jam untuk menyusun kembali skripsi. Seolah dikejar setoran bro..
Iya betul, saya ingin hari senin nanti saya membawa draft usulan penelitian saya yang baru saat bertemu dosen pembimbing. Cukup sulit memang mencari literaturnya, saya pun harus melihat data perikanan tangkap yang ada di Dinas Propinsi Jawa Barat supaya saya tidak salah lagi dalam memilih komoditas. Juga mencari parameter klorofil-s, suhu, dan salinitas yang berpengaruh pada ikan tersebut. Menguras tenaga dan pikiran? ya memang, tapi ini belum seberapa dibanding nanti pada saat saya mencari data time series mengenai ikan ini. Saya rencananya akan mengambil data di empat kota yaitu, Indramayu, Cirebon, Pekalongan, Semarang. Yeah, it’s sounds great!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s