Thank You Google Drive

Kali ini saya mau review tentang layanan Google terbaru yaitu Google drive. Buat kamu yang belum tau apa itu Google drive? Google drive adalah teknologi cloud storage terbaru dari google. Apa itu cloud storage? Nah kalo yang ini kalian cari tau sendiri ya.. J

Sebenarnya Google drive ini bukan terobosan baru, karena sebelumnya sudah ada inovasi yang serupa yaitu Dropbox. Buat kalian yang udah tau ataupun masih suka pake Dropbox mungkin sudah familiar dengan fitur dan kegunaannya.

Konsep dari Google drive atau Dropbox yaitu sebagai online storage seperti mediafire, rapidshare, ziddu namun perbedaanya ada pada sinkronisasi. Sinkronisasi di server Google dan di komputer kita. Jadi begini, untuk menggunakan Google drive kalian bisa klik link ini -> https://drive.google.com/ nah disitu bakal diminta untuk menginstall software Google drive untuk diinstall ke komputer. Nanti akan ada tambahan folder baru bernama Google drive di komputer kalian. Nah folder itulah yang nantinya akan di sinkronisasi oleh Google, Sinkronisasi itu maksudnya penyamaan. Keadaan di tempat A akan sama dengan keadaan di tempat B. Misalkan A adalah PC dan B adalah handphone, Kalo kalian mengerjakan tugas atau menyimpan file apapun di folder Google Drive, keadaan dalam folder itu akan sama jika kalian mengakses lewat handphone atau tablet, nah ini yang disebut sync. Jadi tidak perlu lagi copy paste ke tiap device yang kalian ingin samakan isinya.


Jadi kalo kita mengedit dokumennya dimanapun itu (PC/Handphone) selama ada akses internet dan save di Google Drive, isinya bakal sama dengan isi folder Google drive di komputer kita. Enak bukan??

Kalo file kita ada tanda ceklis hijau seperti ini, itu tandanya file sudah tersinkronisasi. Kalo masih tanda panah biru itu masih pending. Sinkronisasi ini sama dengan upload loh ya, jadi kecepatan sync sama dengan kecepatan upload koneksi internet. Makin besar filenya makin cepat habis kuota.

gdrive-sync

Jadi misalkan ada kasus seperti ini:

“Aduh flashdisk saya kena virus nih, datanya hilang semua. Terpaksa harus di format! L

“Flashdisk gue ilang!! Padahal data skripsi ada disitu!”

“Waduh tugasnya dikumpulin hari ini? Gue lupa tugasnya belum disimpan ke flashdisk.”

“Gue baru kehilangan laptop, sedangkan data skripsi ada di situ semua… :'(”

Saya yakin kasus-kasus seperti itu umum terjadi, bahkan teman-teman saya sering seperti itu. Data yang sangat penting hanya disimpan di satu tempat. Kalo satu tempat itu hilang atau rusak, just say goodbye. Kecuali kalo kita rajin backup, menyimpan data penting di beberapa tempat mungkin masih aman. Sayangnya orang malah malas backup dan lupa.

Nah cobalah Google drive ini kawan, mungkin kasus-kasus diatas bisa diminimalisir. Kita bisa mengerjakan tugas dimana saja sekalipun kita tidak membawa datanya di flashdisk atau tidak bawa laptop misalnya, asal mendapatkan akses internet. Jika dikantor atau dikampus ada waktu luang, silahkan mengerjakan tugas itu, kemudian save it on Google Drive, tau-tau kita cek Google drive dirumah tugasnya sudah beres. Kita jadi bisa santai dan banyak waktu luang bersama keluarga. Bahkan Google drive ini bisa diakses lewat mobile phone.

Ini ada illustrasinya😀

Google Drive : Edit together from anywhere. Keep everything, share anything.

2 responses to “Thank You Google Drive

  1. Pak,,Kan data itu ada di Folder C komp Saya,,
    Nah,, Gmana komp saya kena virus Langsung (instal ulang komp),,
    apa tuh doc, bakal tetep ada di Accoun Google Drive Saya
    (setelah di instal ulang komp nya)

    • Kalo sudah install ulang, data/dokumen yang ada di drive C akan hilang.
      Kalo data/dokumennya ada di dalam folder Google Drive dan sudah tersinkronisasi (ada tanda ceklis) tidak akan hilang. Jadi install saja langsung Google Drive pada komputer dan sinkronisasi ulang dengan aku Googlenya.🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s